Thursday, May 24, 2012

Lemari Arsip: Penyimpanan Arsip Non-Konvensional

Di dunia modern ini, kita perlu mengatur berbagai macam keteraturan yang akan sangat berguna bagi produktivitas yang merupakan salah satu hal penting dalam tatanan dunia modern. Dunia modern menuntut kita untuk bekerja dengan tujuan produktivitas yang tinggi dan oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa segala sesuatu mudah ditemukan dan digunakan sehingga kita tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari misalnya. Penataan arsip misalnya merupakan salah satu hal penting yang perlu kita lakukan dengan sebaik-baiknya apalagi jika arsip atau dokumen tersebut merupakan dokumen kantor yang mungkin penting sebagai barang bukti suatu perjanjian misalnya.
"...Dengan menggunakan rak atau lemari arsip sebagai tempat penyimpanan di ruang arsip, kita bisa membayangkan akan ada banyak rak yang dibutuhkan dan aka nada banyak tempat yang harus disisihkan sebagai wilayah penyimpanan arsip..."

Untuk menyimpan berbagai jenis arsip dan dokumen, kita biasanya akan menggunakan tempat berupa rak atau lemari arsip yang terkadang diletakkan di salah satu sudut atau sisi ruang kantor. Namun, berbeda cerita jika kantor tersebut mempunyai arsip atau dokumen yang cukup banyak dan membutuhkan ruang khusus misalnya. Dengan menggunakan rak atau lemari arsip sebagai tempat penyimpanan di ruang arsip, kita bisa membayangkan akan ada banyak rak yang dibutuhkan dan aka nada banyak tempat yang harus disisihkan sebagai wilayah penyimpanan arsip. Metode penyimpanan arsip ini cukup konvensional yang di satu sisi akan memberikan kerapihan dalam penyimpanan arsip maupun dokumen. Namun, kita perlu menerapkan sistem lain yang jauh lebih efektif untuk meyimpan arsip terutama dalam hal ruang seperti yang akan kita dapat jika menggunakan Mobile File untuk menyimpan arsip maupun dokumen.

Sistem ini jauh dari sistem konvensional yang memakan tempat dengan yang cukup banyak lemari arsip karena masing-masing rak penyimpanan harus diberi jeda satu sama lain agar kita bisa dengan mudah mencari dokumen yang kita perlukan. Jeda yang ada dalam sistem penyimpanan arsip konvensional dengan menggunakan rak akan ditiadakan karena rak yang satu dan yang lain akan saling berdempetan. Untuk memudahkan pencarian, rak ini dihubungkan dengan sistem rel yang membuat rak tersebut dapat digeser untuk mendapatkan arsip yang kita butuhkan. Jelas metode ini merupakan inovasi di dunia penyimpanan arsip atau dokumen yang sangat penting bagi suatu perusahaan tentunya.